Kamis, 11 November 2010

sejarah piala dunia dan serba serbi nya

SEJARAH PIALA DUNIA
Sejarah Piala Dunia bukanlah kejuaraan sepak bola internasional pertama. Sepak bola amatir menjadi bagian dari program Olimpiade untuk pertama kalinya pada tahun 1908. Pada tahun 1909 di Torino diselenggarakan sebuah turnamen sepak bola yang bernama Piala Sir Thomas Lipton. Italia, Jerman, dan Swiss mengirimkan klub mereka yang paling prestisius ke turnamen tersebut namun Persatuan Sepak bola Inggris (FA) menolak tawaran untuk ikut serta dalam kejuaraan itu.
Ide melahirkan kejuaraan sepak bola dunia tercetus pada 1904 di Paris saat Konggres I Fédération Internationale de Football Association. Pada 1928, hasil usaha FIFA dan presiden persatuan sepak bola Perancis (FFFA), Jules Rimet dan rekannya Henri Delaunay, peserta kongres di Amsterdam memutuskan untuk melaksanakan ide tersebut. Setahun kemudian, FIFA secara resmi mempersiapkan sebuah kejuaraan bernama World Cup yang akan berlangsung setiap empat tahun. Pada kongres FIFA 17-18 Mei 1929 yang berlangsung di Barcelona - Spanyol, Uruguay mendapatkan dukungan dari 23 peserta kongres menjadi tuan rumah Piala Dunia pertama menyingkirkan ambisi Hungaria, Italia, Belanda, Spanyol, dan Swedia. Piala kejuaraan ini dikenal dengan Piala Jules Rimet.
Piala Jules Rimet dibuat oleh perupa Perancis, Abel La Fleur, berbentuk oktagonal berlambangkan bumi dipegang oleh Dewa Kemenangan yang bernama Nike (dewa Yunani purba). Piala ini dibuat dari emas, mempunyai berat 3.8 kg dan tinggi 35 cm.
Maka Piala Dunia FIFA yang pertama pun diadakan di Uruguay dan berlangsung dari 13-30 Juli 1930. 13 negara turut serta - enam dari Amerika Selatan, lima dari Eropa dan dua dari Amerika Utara. Uruguay mengalahkan Argentina 4-2 di hadapan 93.000 penonton di Montevideo dan sekaligus menjadi negara pertama yang merebut piala tersebut.
Selama Perang Dunia II kejuaraan ini terhenti selama selama 12 tahun, dimulai kembali tahun 1950 di Brasil. Piala Jules Rimet pernah dicuri sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London saat menjelangnya Piala Dunia 1966 di Inggris, namun ia ditemukan 7 hari kemudian oleh seekor anjing bernama Pickles.
Pada 1970 di Meksiko, FIFA telah memutuskan Brasil menyimpan Piala Jules Rimet karena menjadi negara pertama yang juara sebanyak 3 kali, 1958, 1962 dan 1970.
Badan induk FIFA kemudiannya membuat piala dunia baru dengan menggunakan emas 18 karat, 36 cm tinggi dan mempunyai berat 4.97 kg dan dirancang oleh perupa terkenal Italia, Silvio Gazzaniaga dan dipergunakan hingga sekarang. FIFA kemudian menetapkan hanya pemimpin negara dan pemenang Piala Dunia saja yang boleh menyentuh piala tersebut. Replika piala yang dilapis emas akan diberikan untuk disimpan oleh pemenang. Promosi Piala Dunia 2006 Argentina, Jerman (kedua kali tersebut sebagai Jerman Barat), dan Brasil telah masing-masing memenangkan piala yang kedua itu dua kali. Meskipun begitu, piala yang saat ini masih belum akan "dipensiunkan" hingga plak namanya telah penuh diisikan dengan nama-nama negara pemenang, yang akan terjadi pada tahun 2038.
Dengan jelas secara keseluruhan Brasil adalah tim yang paling sukses dalam sejarah perhelatan Piala Dunia setelah lima kali menjadi juara dunia dan dua kali berada di posisi kedua, sementara Italia menyusul berada di bawahnya dengan empat kali menjadi juara dunia dan dua kali di peringkat kedua. Jerman menempati posisi berikutnya sebagai tim yang tersukses ketiga dengan tiga kali menjadi juara dunia dan empat kali menjadi juara kedua. Argentina dan Uruguay masing-masing dua kali menjadi juara dunia meski kemenangan Uruguay terjadi pada masa yang sudah lama, yakni pada awal-awal tahun kejuaraan perhelatan Piala Dunia ini.
Sejarah Piala Dunia sempat berhenti ketika terjadi Perang Dunia II. Kejuaraan ini terhenti selama kurun 12 tahun, dan dimulai kembali pada tahun 1950 di Brasil. Piala Jules Rimet pernah dicuri sewaktu dipamerkan di Stampex Exhibition di Westminster Central Hall, London saat menjelangnya Piala Dunia 1966 di Inggris, namun ia ditemukan 7 hari kemudian
oleh Seekor Anjing Bernama Pickles.
Indonesia merupakan bagian dari sejarah Piala Dunia, dengan nama Hindia-Belanda di tahun 1938, Indonesia tercatat sebagai negara Asia pertama yang masuk ke Piala DuniaPada 3-6 Maret 2006 trofi asli FIFA World Cup singgah di Indonesia, dan dipajang di SemanggiExpo.
Maskot Piala Dunia FIFA
Setiap Piala Dunia sejak 1966 memiliki maskot masing-masing. Desain dari maskot menggambarkan beberapa ciri khas dari negara penyelenggara seperti kostum, flora, fauna, dll.
Piala Dunia Maskot Deskripsi
Inggris
1966
World Cup Willy Sebuah singa, merupakan simbol tipikal dari Kerajaan Inggris, mengenakan kaos Union Jack dengan kata "WORLD CUP".
Meksiko
1970

Juanito Seorang anak laki-laki mengenakan seragam Meksiko dan sebuah topi sombrero (dengan kata-kata "MEXICO 70"). Namanya merupakan nama kecil dari "Juan", sebuah nama umum dalam bahasa Spanyol.
Jerman Barat
1974
Tip and Tap 2 anak laki-laki mengenakan seragam Jerman, dengan huruf WM (Weltmeisterschaft, World Cup, Piala Dunia) dan angka 74.
Argentina
1978
Gauchito Seorang anak laki-laki mengenakan seragam Argentina. Topinya (dengan kata ARGENTINA '78), syal dan cambuk merupakan tipikal dari seorang gaucho.

Spanyol
1982
Naranjito Sebuah jeruk, sebuah buah yang menjadi ciri khas Spanyol, mengenakan seragam dari Spanyol. Namanya berasal dari kata naranja, Bahasa Spanyol dari jeruk, dan kata pengecil "-ito".
Meksiko
1986

Pique Sebuah lada jalapeño, karakteristik dari masakan Meksiko, dengan kumis dan mengenakan topi sombrero. Namanya berasal dari kata picante, Bahasa Spanyol dari rempah-rempah dan saus.
Italia
1990
Ciao Seorang pemain stick figure dengan kepala bola sepak dan tubuh berwarna bendera Italia. Namanya merupakan kata sapaan dalam Bahasa Italia.
Amerika Serikat
1994

Striker Seekor anjing, mengenakan seragam Amerika Serikat dengan kata-kata "USA 94".
Perancis
1998

Footix Seekor unggas, salah satu dari simbol nasional Perancis, dengan kata "FRANCE 98" di dada. Tubuhnya sebagian besar biru, seperti kaos seragam Perancis dan namanya merupakan sebuah kata portmanteau dari "sepak bola" dengan akhiran "-ix" dari Astérix. Nama lain yang sempat diajukan adalah "Raffy", "Houpi", dan "Gallik".
Korea & Jepang
2002

Ato, Kaz and Nik (The Spheriks)
Oranye, ungu, dan biru futuristik, makhluk ciptaan komputer. Mereka merupakan anggota sebuah tim "Atmoball" (permainan fiksi semacam sepak bola), Ato adalah pelatih sedangkan Kaz dan Nik adalah pemain.
Jerman
2006

Goleo dan Pille
Seekor singa mengenakan kaos Jerman dengan angka 06 dan sebuah bola sepak berbicara, Pille. Goleo adalah sebuah portmanteau dari kata "goal" dan "leo", kata latin dari singa. Di Jerman, "Pille" adalah kata sehari-hari untuk menyebut sepak bola.
Afrika Selatan
2010
Zakumi
Zakumi adalah nama maskot Piala Dunia 2010 yang akan digelar di Afrika Selatan. Zakumi adalah seekor macan tutul dengan rambut nyentrik berwarna hijau, Zakumi lahir tanggal 16 Juni 1994 yang bertepatan dengan hari pemuda di Afrika Selatan. Pada tahun 2010 Zakumi akan berusia 16 tahun, yang akan dirayakan secara global dengan tajuk piala dunia 2010.
Nama Zakumi berasal dari kata “Za”, kode untuk Afrika Selatan, dan “kumi”, sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika. Zakumi mengenakan kostum hijau dan kuning (emas), yang juga menjadi warna dominasi seragam tim Afrika Selatan
Brazil
2014
TBA
Logo Piala Dunia FIFA
Berikut ini merupakan logo Piala Dunia FIFA sejak yang pertama. Pada Piala Dunia I-IV belum ada logo, hanya menggunakan poster resmi.

No. Piala Dunia Maskot
1. Uruguay 1930


2. Italia 1934


3. Perancis 1938


4. Brasil 1950


5. Swiss 1954


6. Swedia 1958


7. Chili 1962


8. Inggris 1966


9. Meksiko 1970


10. Jerman Barat 1974


11. Argentina 1978


12. Spanyol 1982


13. Meksiko 1986


14. Italia 1990


15. Amerika Serikat 1994


16. Perancis 1998


17. Korea Selatan/Jepang 2002


18. Jerman 2006


19. Afrika Selatan 2010


20. Brasil 2014






Bola Resmi Piala Dunia
sejak piala dunia 1970 yang dilaksanakan di Mexico, sebuah brand olahraga ternama 'adidas' melakukan sebuah kerjasama untuk menjadi 'official partner' piala dunia.

Berikut adalah daftar bola resmi piala dunia sejak piala dunia 1970:
Piala Dunia Bola Deskripsi
Mexico, 1970
Telstar Nama “Telstar” diambil dari “Star of Television”. Piala Dunia FIFA Meksiko 1970 adalah yang pertama kali disiarkan melalui televisi. Pada saat itu televisi masih hitam-putih, mungkin untuk menyiasati keterbatasan warna tersebut dan menjadikan bola sebagai bintang, maka dibuatlah bola yang berwarna hitam-putih. Inilah bola pertama dengan 32 panel hitam-putih yang desainnya menjadi ikon bola untuk sepakbola.
Jerman Barat, 1974
Telstar Durlast Desainnya identik dengan Telstar yang digunakan empat tahun lalu.
Argentina, 1978
Tango Durlast Panel hitam putih mengalami revolusi, Tango Durlast bercorak 12 lingkaran yang saling bersambung yang disebut mewakili citra elegan, dinamis dan passion.
Spanyol, 1982
Tango Espana Adidas memperkenalkan bola baru yang telah menggunakan karet hias di atas lapisan-lapisan untuk mencegah air merembes masuk. Bola pertama dengan kualitas kedap air. Kulit asli terakhir bola piala dunia.
Meksiko, 1986
Azteca Di Meksiko 1986, Adidas memperkenalkan bola pertama yang dilapisi polyurethane sehingga tahan terhadap air (hujan). Setelah tidak lagi menggunakan bola kulit, Azteca adalah bola sintetis pertama yang digunakan pada piala dunia. Inspirasi desainnya diambil dari pola dekorasi pada arsitektur masyarakat Aztec.
Italia, 1990
Etrvsco Bola ini adalah produk berteknologi tinggi yang dibuat sepenuhnya dari serat sintetis kualitas. Terdiri dari tekstil diresapi dengan lateks untuk bentuk perlawanan terhadap stabilitas dan robek.. Nama dan inspirasi desain pada Etrvsco diambil dari tokoh dalam sejarah kuno Italia, Etruscans. Tiga kepala singa Etruscans menghiasi pola pada Etrvsco.
USA, 1994
Questra Dinspirasi dari teknologi luar angkasa, “quest for the stars” merupakan standar baru dalam bola piala dunia. Dengan lapisan polystyrene membuat Questra lebih tahan air dan mempunyai akselerasi lebih baik, selain itu menjadi lebih mudah dikontrol oleh pemain.
Prancis, 1998
Tricolore Tiga warna, adalah warna bendera nasional Prancis yang menjadikan Tricolore sebagai bola piala dunia pertama yang berwarna. Pemberian warna pada bola merupakan revolusi dalam desain (grafis) bola
Korea - Jepang, 2002
Fevernova Untuk pertama kalinya sejak 1978, Fevernova memutus tradisi pola desain Tango. Desain lidah api dalam motif shiriken menunjukkan usaha dan energi yang luar biasa besar. Revolusi dalam hal material Fevernova menuai pujian sekaligus kritikan. Di satu sisi teknologi yang digunakan membuat bola menjadi lebih presisi dan meningkatkan akurasi, namun beberapa pemain seperti Buffon (Italia) dan Rivaldo (Brasil) mengeluh karena terlalu ringan.
Jerman, 2006
Teamgeist “Semangat Team”, Adidas kembali menjadi tuan rumah. Di Jerman 2006 sepertinya Adidas memanfaatkan momentum tersebut dengan baik. Untuk pertama kalinya dalam sejarah piala dunia, satu bola digunakan untuk satu pertandingan.

Setiap bola ditandai dengan nama negara yang bertanding, nama stadion yang digunakan dan waktu pertandingan. Adidas+Teamgeist Berlin adalah bola yang digunakan spesial untuk Final Piala Dunia 2006 yang mempertemukan Italia dan Prancis. Desain warna emas yang digunakan menunjukkan pertandingan final piala dunia adalah sebuah momentum yang sangat penting dan istimewa dalam sejarah olahraga.
Afrika Selatan, 2010
Jabulani Sama seperti bola-bola Piala Dunia sebelumnya, ‘Jabulani’ juga memiliki warna-warna khas dari negara tuan rumah. Sekilas bola itu hanya memiliki warna putih hitam dan kuning, tetapi jika dilihat lebih detail ada sebelas warna yang melambangkan sebelas bahasa dan sebelas komunitas di Afrika Selatan serta menggambarkan satu tim sepakbola.

‘Jabulani’ sendiri berarti perayaan dalam bahasa isiZulu, salah satu bahasa yang digunakan di Afrika Selatan. Dengan bola itu diharapkan Piala Dunia ke-19 itu akan meriah dengan keberadaan para fans sepakbola dunia yang akan merayakan pagelaran pesta sepak bola empat tahunan itu.

Menurut pembuatnya, ‘Jabulani’ adalah bola paling bulat yang pernah ada yang terdiri dari delapan panel spesial. Bola Piala Dunia edisi ke-16 dari Adidas ini menerapkan teknologi Grip 'n Groove yang mampu membuat bola stabil di udara dan dapat dikontrol dengan mudah di segala kondisi.



Lagu-lagu Piala Dunia
Lagu-lagu Piala Dunia ini dikenal dengan istilah World Cup Anthem. lagu tema Piala Dunia ini sengaja diciptakan untuk menghangatkan dan memeriahkan Piala Dunia. Selain itu, lagu ini juga memiliki fungsi untuk pengingat (kenang-kenangan) dan jalan untuk menyukseskan kampanye piala dunia, serta menghadirkan para penyanyi kelas dunia serta ketenaran yang mencakup seluruh dunia. Lagu yang diciptakan biasanya menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa resmi negara yang menjadi tuan rumah, kemudian diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa, terutama dalam Bahasa Spanyol.
Menurut sejarah, ide untuk mengadakan kompetisi sepak bola tingkat dunia, Piala Dunia, dicetuskan pertama kali pada tahun 1928 di Amsterdam. Hasil dari kongres FIFA memutuskan bahwa Piala Dunia pertama diadakan di Uruguay pada tahun 1930. Pada saat itu, kemeriahan Piala Dunia belum diwarnai dengan lagu-lagu. Lagu pertama yang bertemakan Piala Dunia diciptakan pertama kali pada Piala Dunia tahun 1986 di Mexico, berjudul A Special Kind of Hero, oleh Stephanie Lawrence.
Selanjutnya, theme song pada Piala Dunia tahun 1990 di Italia adalah lagu yang diciptakan oleh Edoardo Bennato dan Gianna Nannini, berjudul Un Estate Italian, atau dikenal juga dengan judul Notti Magiche. Pada tanggal 8 Juni 1990, lagu ini pertama kali dibawakan secara live di Milan ketika akan diadakan pertandingan pembukaan antara Argentina melawan Kamerun.
Piala Dunia berikutnya, tahun 1994 di USA, lagu yang menjadi theme song adalah We Are the Champions dari Queen. Lagu yang kedua berjudul Gloryland, ciptaan Daryl Hall, seorang rocker di Amerika.

Lagu yang paling terkenal, bahkan sampai sekarang saya masih ingat beberapa liriknya adalah La Copa De La Vida yang dinyanyikan oleh José Enrique Martin Morales, atau dikenal dengan nama Ricky Martin.
“Go go gol, ale ale ale!” begitulah liriknya. Lagu tersebut menjadi theme song pada Piala Dunia 1998 di Perancis. La Copa De La Vida memuncaki Billboard Hot Latin pada Juni dan Juli 1998, juga mendapatkan penghargaan Pop Song of the Year tahun 1999 atau Premio Lo Nuestro.
Pada tahun 2002, Piala dunia diadakan di Jepang-Korea Selatan. Anastacia, penyanyi pop Amerika mendapat kesempatan untuk menjadi penyanyi theme song Piala Dunia berjudul Boom.
Selain lagu tersebut, ada juga theme song yang hanya berisikan musik, berjudul Vangelis.
Pada tahun 2002, kita boleh berbangga karena lagu dari band asal Indonesia, Padi, juga menjadi theme song Piala Dunia, yang berjudul Work of Heaven, dan sering diputar di televisi pada saat itu.
Selanjutnya, pada tahun 2006, Piala Dunia di Jerman dimeriahkan dengan lagu berjudul Celebrate The Day, oleh Herbert Grönemeyer dan The Time of Our Lives, yang merupakan karya dari seniman multinasional Il Divo. Lagu The Time of Our Lives ini pertama kali dibawakan secara live pada tanggal 9 Juni 2006.

Barulah pada tahun 2010 ini, saat Piala Dunia diadakan di Afrika Selatan, kita bisa menikmati lagu yang berjudul Waka Waka (This Time For Africa) oleh Shakira dan lagu Wavin Flag oleh K’Naan. Lagu Waka Waka (This Time For Africa) ini diciptakan oleh Shakira dan John Hill. Kemudian dibawakan oleh Shakira bersama Freshlyground. Chorus pada lagu ini mirip dengan lagu hit Kamerun pada tahun 1986 berjudul Zangaléwa dan lagu Waka Waka oleh grup musik Suriname-Belanda Trafassi.
LAGU Waka Waka (This Time For Africa) tidak ditampilkan pada pembukaan Piala Dunia 2010, melainkan pada acara penutupannya pada tanggal 11 Juli 2010 di Stadion Johannesburg Soccer City sebelum pertandingan final.

Kejuaraan Piala Dunia FIFA
Tahun Tuan rumah Final Perebutan posisi ketiga
Juara Hasil Runner-up Posisi ketiga Hasil Posisi keempat
1930
Detil
Uruguay

Uruguay
4 - 2
Argentina

AS
tidak ada(1)
Yugoslavia

1934
Detil
Italia

Italia
2 - 1
Perp. waktu

Cekoslowakia

Jerman
3 - 2
Austria

1938
Detil
Perancis

Italia
4 - 2
Hongaria

Brasil
4 - 2
Swedia

1942
---- TIDAK DIADAKAN
1946
---- TIDAK DIADAKAN
1950
Detil
Brasil

Uruguay
2 - 1(2)
Brasil

Swedia
tidak ada(2)
Spanyol

1954
Detil
Swiss

Jerman Barat
3 - 2
Hongaria

Austria
3 - 1
Uruguay

1958
Detil
Swedia

Brasil
5 - 2
Swedia

Perancis
6 - 3
Jerman Barat

1962
Detil
Chili

Brasil
3 - 1
Cekoslowakia

Chili
1 - 0
Yugoslavia

1966
Detil
Inggris

Inggris
4 - 2
Perp. waktu

Jerman Barat

Portugal
2 - 1
Uni Soviet

1970
Detil
Meksiko

Brasil
4 - 1
Italia

Jerman Barat
1 - 0
Uruguay

1974
Detil
Jerman Barat

Jerman Barat
2 - 1
Belanda

Polandia
2 - 1
Brasil

1978
Detil
Argentina

Argentina
3 - 1
Perp. waktu

Belanda

Brasil
2 - 1
Italia

1982
Detil
Spanyol

Italia
3 - 1
Jerman Barat

Polandia
3 - 2
Perancis

1986
Detil
Meksiko

Argentina
3 - 2
Jerman Barat

Perancis
4 - 2
Perp. waktu

Belgia

1990
Detil
Italia

Jerman Barat
1 - 0
Argentina

Italia
2 - 1
Inggris

1994
Detil
AS

Brasil
0 - 0
Perp. waktu

Italia

Swedia
4 - 0
Bulgaria

3 - 2 melalui adu penalti

1998
Detil
Perancis

Perancis
3 - 0
Brasil

Kroasia
2 - 1
Belanda

2002
Detil
Korea Selatan
& Jepang

Brasil
2 – 0
Jerman

Turki
3 – 2
Korea Selatan

2006
Detil
Jerman

Italia
1 – 1
Perp. waktu

Perancis

Jerman
3 – 1
Portugal

5 – 3 melalui adu penalti

2010
Detil
Afrika Selatan

Spanyol
1 – 0
Perp. waktu

Belanda

Jerman
3 – 2
Uruguay

2014
Detil
Brasil

1 Tidak ada pertandingan perebutan tempat ketiga yang resmi pada tahun 1930.
Peringkat akhir: 1: Uruguay; 2: Argentina; 3: AS; 4: Yugoslavia.
2 Tidak ada pertandingan final yang resmi pada tahun 1950. Turnamen diputuskan melalui grup final yang dipersaingkan empat tim. Namun kemenangan Uruguay 2-1 atas Brasil adalah pertandingan penting yang membawa mereka memimpin dari segi poin dan memastikan mereka berakhir di posisi teratas dalam grup sebagai juara dunia.
Peringkat akhir grup: 1: Uruguay; 2: Brasil; 3: Swedia; 4: Spanyol.
Peringkat juara Piala Dunia
1. Brazil - 1958, 1962, 1970, 1994, 2002 (5 kali)
2. Italia - 1934, 1938, 1982, 2006 (4 kali)
3. Jerman - 1954, 1974, 1990 (3 kali)
4. Argentina - 1978, 1986 (2 kali)
5. Uruguay - 1930, 1950 (2 kali)
6. Inggris - 1966 (1 kali)
7. Perancis - 1998 (1 kali)
8. Spanyol - 2010 (1 kali)

Penghargaan di Piala Dunia
Sepatu Emas Adidas - Pencetak gol terbanyak
Penghargaan ini diperkenalkan sejak tahun 1982.
Piala Dunia Pemain Jumlah gol
1930 Uruguay
Guillermo Stábile (Argentina)
8
1934 Italia
Edmund Conen (Jerman)
Oldřich Nejedlý (Cekoslovakia)
Angelo Schiavio (Italia)
4
1938 Perancis
Leônidas (Brasil)
8
1950 Brasil
Ademir (Brasil)
9
1954 Swiss
Sándor Kocsis (Hungaria)
11
1958 Swedia
Just Fontaine (Perancis)
13
1962 Chili
Garrincha (Brasil)
Vavá (Brasil)
Leonel Sánchez (Chili)
Drazen Jerkovic (Yugoslavia)
Valentin Ivanov (Uni Soviet)
Florian Albert (Hungaria)
4
1966 Inggris
Eusébio (Portugal)
9
1970 Meksiko
Gerd Müller (Jerman Barat)
10
1974 Jerman Barat
Grzegorz Lato (Polandia)
7
1978 Argentina
Mario Kempes (Argentina)
6
Pemenang Sepatu Emas adidas
1982 Spanyol
Paolo Rossi (Italia)
6
1986 Meksiko
Gary Lineker (Inggris)
6
1990 Italia
Salvatore Schillaci (Italia)
6
1994 AS
Hristo Stoitchkov (Bulgaria)
Oleg Salenko (Rusia)
6
1998 Perancis
Davor Šuker (Kroasia)
6
2002 Korea/Jepang
Ronaldo (Brasil)
8
2006 Jerman
Miroslav Klose (Jerman)
5
2010 Afrika Selatan
Thomas Müller (Jerman)
5
Bola Emas Adidas
FIFA mengumumkan 10 unggulan pemain terbaik yang dipilih oleh wakil-wakil dari media. Posisi pertama mendapatkan Bola Emas adidas, posisi kedua: Bola Perak adidas dan ketiga: Bola Perunggu adidas.
Piala Dunia Bola Emas Adidas Bola Perak Adidas Bola Perunggu Adidas
1982 Spanyol
Paolo Rossi
(Italia)
Falcão
(Brasil)
Karl-Heinz Rummenigge
(Jerman)

1986 Meksiko
Diego Maradona
(Argentina)
Harald Schumacher
(Jerman)
Preben Elkjær
(Denmark)

1990 Italia
Salvatore Schillaci
(Italia)
Lothar Matthäus
(Jerman)
Diego Maradona
(Argentina)

1994 AS
Romário
(Brasil)
Roberto Baggio
(Italia)
Hristo Stoitchkov
(Bulgaria)

1998 Perancis
Ronaldo
(Brasil)
Davor Šuker
(Kroasia)
Lilian Thuram
(Perancis)

2002 Korea/Jepang
Oliver Kahn
(Jerman)
Ronaldo
(Brasil)
Hong Myung-Bo
(Korea Selatan)

2006 Jerman
Zinedine Zidane
(Perancis)
Fabio Cannavaro
(Italia)
Andrea Pirlo
(Italia)

2010 Afrika Selatan
Diego Forlán
(Uruguay)
Wesley Sneijder
(Belanda)
David Villa
(Spanyol)



Penghargaan Yashin
Penghargaan ini namanya berasal dari nama seorang penjaga gawang Rusia yang legendaris, Lev Yashin.
Piala Dunia Penerima
1994 AS
Michel Preud'homme (Belgia)

1998 Perancis
Fabien Barthez (Perancis)

2002 Korea/Jepang
Oliver Kahn (Jerman)

2006 Jerman
Gianluigi Buffon (Italia)

Pemenang Sarung Emas
2010 Afrika Selatan
Iker Casillas (Spanyol)

FIFA Fair Play Award
Penghargaan ini hanya diberikan kepada tim-tim yang lolos ke babak kedua.
Piala Dunia Penerima
1978 Argentina
Argentina

1982 Spanyol
Brasil

1986 Meksiko
Brasil

1990 Italia
Inggris

1994 AS
Brasil

1998 Perancis
Inggris dan Perancis

2002 Korea/Jepang
Belgia

2006 Jerman
Brasil dan Spanyol

2010 Afrika Selatan
Spanyol

Tim Paling Menghibur
Penghargaan Tim Paling Menghibur ditentukan melalui polling dari publik.
Piala Dunia Tim Paling Menghibur
1994 AS
Brasil

1998 Perancis
Perancis

2002 Korea/Jepang
Korea Selatan

2006 Jerman
Portugal

2010 Afrika Selatan


Pencetak gol terbanyak
Gol Pemain
15 Ronaldo

14 Gerd Müller, Miroslav Klose

13 Just Fontaine

12 Pelé

11 Jürgen Klinsmann, Sándor Kocsis

10 Gabriel Batistuta, Teófilo Cubillas, Gary Lineker, Grzegorz Lato, Helmut Rahn

9 Ademir (1), Roberto Baggio, Eusébio, Jairzinho, Paolo Rossi, Karl-Heinz Rummenigge, Uwe Seeler, Vavá, Christian Vieri

8 Leônidas, Diego Maradona, Omar Oscar Míguez, Guillermo Stábile, Rivaldo, Rudi Völler, David Villa

7 Careca, Oldrich Nejedly, Hans Schäfer, Johnny Rep, Lajos Tichy, Andrzej Szarmach

6 Mario Kempes, Erich Probst, Bebeto, Roberto Rivelino, Hristo Stoitchkov, Davor Šuker, Helmut Haller, Lothar Matthäus, Max Morlock, Dennis Bergkamp, Rob Rensenbrink, Györgi Sárosi, Toto Schillaci, Zbigniew Boniek, Oleg Salenko, Josef Hügi

• 1 Ada kontroversi mengenai berapa jumlah gol yang dicetak pemain Brasil Ademir Menezes pada tahun 1950, karena data yang tak lengkap tentang pertandingan Babak Final antara Brasil melawan Spanyol (6-1). Gol pertama dianggap sebagai gol bunuh diri pemain Spanyol Parra, dan gol yang membuat kedudukan menjadi 5-0 dianggap diciptakan oleh Jair, namun baru-baru ini FIFA menyatakan bahwa gol-gol tersebut diciptakan Ademir; sehingga dia adalah pencetak gol terbanyak (9 gol) pada Piala Dunia 1950. [1]
Sumber: rsssf.com
Gol tercepat
Pemain Negara Waktu Piala Dunia
Hakan Şükür

11" 2002 Korea/Jepang

Václav Mašek

15" 1962 Chili

Bryan Robson

27" 1982 Spanyol

Bernard Lacombe

37" 1978 Argentina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar